Sabtu, 11 November 2013 - 22:51:14 WIB
Sejarah Benteng Toloko
Diposting oleh : Mukhlis
Kategori: Edukasi Sejarah Cagar Budaya - Dibaca: 411 kali

Sejarah Benteng Tolukko di Ternate tidak terlepas kaitannya dengan sejarah maluku utara khususnya di ternate. Jauh sebelumnya masuk pengaruh islam pada abad XV dan Eropa pada abad XVI di maluku utara sudah terdapat suatu organisasi pemerintah yang disebut (BULDAN) yang dipimpin oleh seorang (kolano) yaitu Raja.

Dengan masuknya islam dan mundurnya kekuasaan majapahit di maluku utara. System tersebut berubah menjadi kesultanan, termasuk Ternate.

Kedatangan bangsa eropa di ternate di mulai oleh bangsa portugis pada awal abad ke XVI , karena mereka terpikat dengan kekayaan rempah-rempah yang terdapat di ternate. Pada mulanya untuk kepentingan dagang. Maka upaya untuk mencapai tujuannya portugis memanfaatkan persaingan yang terjadi di maluku utara, yaitu Ternate tengah bersaing dengan Tidore yang bersekutuh dengan bangsa spanyol. Portugis segera menggunakan kesempatan tersebut, dengan cara membantu Ternate. Sudah tentunya kehadiran portugis di ternate mendapat simpati dari rakyat ternate terlebih lagi rakyat ternate mengira bahwa portugis merupakan bangsa pedagang yang akan berperan menaikkan harga rempah-rempah. Oleh karena itu, portugis di ijinkan mendirikan Benteng-Benteng di ternate, antara lain :

Benteng Tolukko yang nama aslinya Benteng SANTO LUCAS yakni Benteng yang pertama di buat pada tahun 1512 oleh FRANSISCO SERRAOW. Kemudian Benteng-benteng lainya yakni Benteng NUSTRA SENORA DEL ROSARIO. Dan Benteng SANTRO PEDRO pada tahun 1522 Benteng-Benteng tersebut sebagai benteng pertahanan.

Bangsa portugis ternyata tidak sekedar mendirikan benteng. Mereka pun berhasil mengajukan keinginannya untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah yang di tuangkan dalam suatu perjanjian. Sejak adanya perjanjian tersebut rakyat ternate merasa dirugikan karena harus menjual hasil rempah-rempahnya dengan harga yang sangat rendah kepada bangsa portugis yang baru dikenali sebagai sahabat. Kemudian berubah menjadi pemeras. Oleh karena itu, rakyat Ternate serentak menyatakan permusuhan terhadap bangsa portugis.

Dan pada tahun 1533 rakyat ternate membakar Benteng milik portugis di bawah pimpinan DAJALO. Portugis segera mengirim bala bantuannya dari maluku kembali berjuang mempertahankan wilayahnya dan pada akhir perjuangan ANTWIO GALVAO berhasil melaksanakan perdamaian dengan rakyat maluku sehingga portugis masih dapat mempertahankan kekuasaannya di wilayah ini.

Untuk beberapa saat portugis masih dapat monopoli perdagangan rempah-rempah di Maluku. Hal ini di perkuat dengan perjanjian yang di buat pada tahun 1570. Antara Gubernur LOPEZ DE MUSQUITA dan Raja ternate SULTAN KHAIRUN. Namun tidak berapa lama setelah perjanjian itu SULTAN KHAIRUN dibunuh oleh suruhan LOPEZ DE MUSQUITA. Kejadian ini menyulut kemarahan SULTAN BABULLAH putra SULTAN KHAIRUN. Peperangan rakyat ternate melawan portugis segera berkobar, selamah hampir 7 tahun. Satu demi satu benteng-benteng portugis dapat di rebut ternate pada tahun 1577, rakyat ternate dapat mengusir portugis di wilayahnya.

Bangsa Belanda baru menyusul datang ke Ternate pada tahun 1605 yang kemudian merebut benteng dari SULTAN TERNATE. Benteng Tolukko yang oleh Belanda disebut sebagai Benteng HOLANDIA dan pernah diperbaiki pada masa VOC pada tahun 1610 oleh YAN PIETER BOTH. Pada dinding sebelah kiri pintu masuk terdapat pahatan lambang yang dibuatnya masih ada sampai sekarang.

Pada tahun 1661 Sultan Ternate MANDAR SYAH diberi ijin menempati Benteng Tolukko dengan personil sekitar 160 orang. Penyebutan Benteng Tolukko sendirir di berikan berdasarkan nama penguasah Ternate yang memerintah pada tahun 1692 (TOLUKKO).

Pada tahun 1864 Benteng Tolukko dipugar kembali oleh Residen VANDERCRAB. Melihat data bahwa Benteng Tolukko pernah di tinggikan 70 cm mungkin perbaikan oleh Belanda untuk kepentingan fungsi Benteng.

Benteng Tolukko ditinjau dari segi pertahanan terletak ditempat strategis. Karena di buat diatas Bukit Batuan Beku pada ketinggian 620 cm diatas lembah sekitarnya dan kurang lebih 10,50 meter diatas permukaan laut. Letaknya yang mencorok ke laut membuat akses ke laut sangat mudah. Bukit Batuan Beku tempat Benteng Tolukko berdiri memanjang ke arah Barat laut Tenggara. Benteng yang menghadap kearah barat laut dengan sudut 80 derajat nampaknya disesuaikan dengan poros bukit. Bentuk yang kecil sesuai dengan kebutuhan waktu itu, juga menyesuaikan dengan Bukit yang ada sehingga denahnyatidak simetris. Bentuk denah yang walaupun persegi tetapi kesannya tetap cenderung membulat dengan hanya dua bastion di depan dan satu di belakang adalah unik dan khas Portugis. Berbeda dengan benteng-benteng lain buatan Belanda seperti Benteng Orange dan Benteng Kalamata.

Peran obyek pada masa lalu Benteng Tolukko pernah difungsihkan sebagai Benteng pertahanan Bangsa Portugis menghadapi pemberontakan rakyat Ternate serta pada masa VOC pernah di izinkan Sultan MANDAR SYAH menduduki Benteng Tolukko dengan kekuatan personil 160 orang. Hingga saat ini Benteng Tolukko masih tetap berdiri dan pernah di renovasi oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku di Ambon pada tahun 1996 dan di jadikan Objek Wisata Sejarah Masa Sekarang.

http://fitriafaradilla.wordpress.com/2012/02/16/sejarah-benteng-tolukko-3/




    51 Komentar :

    Stansted Airport Taxis
    18 Desember 2013 - 21:24:58 WIB

    senang bisa berkomunikasi dengan teman2 semua, semoga semakin sukses
    Olympia Air Conditioner
    02 Januari 2014 - 08:38:01 WIB

    website yg keren,, design nya sangat bagus ..
    obat herbal penghancur batu ginjal
    06 Januari 2014 - 10:22:46 WIB

    Selamat pagi gan izin berkunjung diawal tahun 2014 dan simak beritanya dach, ok ?
    Asda Life Insurance Review
    14 Januari 2014 - 16:23:04 WIB

    Good evening guys, what are you doing now?
    Tulsa Dentist Specialist
    06 Februari 2014 - 15:43:11 WIB

    Kita berdo'a untuk keselamatan warga Sinabung.
    Roofing Companies
    08 Februari 2014 - 10:49:05 WIB

    very-very nice, website yang mantab nih brow..
    Risperdal Lawsuit Settlements
    12 Februari 2014 - 21:58:36 WIB

    Saling membantu untuk mencapai kesuksesan.
    Cheap Private Medical Insurance
    14 Februari 2014 - 22:22:44 WIB

    Tetap berhati-hati untuk menjalankan aktivitas.
    Family Visa Australia
    18 Februari 2014 - 20:10:42 WIB

    Manteb dan ok punya. http://goo.gl/2C0sLS @ http://goo.gl/609tyP
    Family Visa Australia
    18 Februari 2014 - 20:13:06 WIB

    Manteb dan ok punya. http://goo.gl/2C0sLS @ http://goo.gl/609tyP
    << First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 6 | Next > | Last >>
    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)